Apa itu sensus penduduk online??

Sensus Penduduk Online 2020 


Helloo Semuaa..

Di post kali ini gue mau sharing ke kalian, pengalaman gue menjadi volunteer dalam acara Indonesia Mencatat Sensus Penduduk Online, oleh Badan Pusat Statistik X Beneran Indonesia.

Alhamdulillah gue kepilih menjadi salah satu volunteer dari ribuan banyaknya volunteer yang daftar.
Bagi yang belum tau apa itu sensus penduduk. Gue mau kasih tau sedikit insight mengenai sensus penduduk.

Apa itu Sensus Penduduk??

Sensus Penduduk adalah sebuah acara yang diadakan tiap decade/sepuluh tahun sekali untuk mencatat seluruh data Masyarakat Indonesia, baik di dalam dan luar negri.

Tujuanya untuk apa??

Tujuanya adalah untuk mempermudah pemerintah dalam mengetahui banyaknya populasi di suatu daerah sehingga terjadi lah pemerataan system, baik pemerataan jumlah rumah sakit, sekolah, pasar, dll, di sebuah daerah. Dengan harapan, agar tidak ada lagi suatu daerah yang kekurangan fasilitas belajar seperti sekolah, tidak adanya lagi kekurangan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, dll.

Acara ini berlangsung hari Sabtu, 15 Februari 2020. Pada tanggal tersebut lah hari pembukaan Sensus Penduduk secara online.
Untuk system Sensus Penduduk Online nya berlangsung dari tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020.

Apa gunanya sensus penduduk secara online??

Dengan berubah nya system sensus penduduk secara online ini, mempermudah pemerintah dalam mendapatkan data diri masyarakat. Hal itu membuat tugas menjadi efisien. Coba bayangkan, jika sensus penduduk dilakukan masih secara manual atau door to door, petugas sensus datang ke rumah- rumah orang. Hal itu akan membuat pengerjaan menjadi makan waktu, belum lagi biaya yang cukup besar karena harus membayar petugas sensus nya, kendaraannya, dll. Dan juga, rahasia data kita jadi tidak privasi lagi, karena petugas sensus sudah mengetahui nya, bukan? Nah kalo online dijamin data nya aman, karena kita yang mengisinya sendiri, ya gak?? Ya dongg..

Untuk akses pengisianya Cuma ada satu website ya yaitu, https://sensus.bps.go.id/ selain dari itu, berarti web palsu, dan BPS tidak menyediakan pengisian di Aplikasi mobile. INGAT ITU!

Oke, itu sedikit tentang sensus penduduk, bukannya iklan atau apa, gue hanya berbagi insight mengenai sensus penduduk, dan betapa pentingnya sensus penduduk untuk menentukan 10 tahun ke depan bangsa Indonesia.

Oke balik ke cerita volunteer.

Gue berkesempatan menjadi team leader.
Apa itu tugas team leader??
Tugas team leader adalah menjadi pemimpin di kelompok.  Jadi, kami di bagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok berisi 5 orang, sudah termasuk team leader dan 4 anggota yang berisikan anak SMA.

Tugas dari seluruh kelompok adalah untuk mensosialisasikan mengenai sensus penduduk online dengan tempat yang sudah dibagi-bagi. Kelompok gue mendapatkan lokasi di stasiun Kota Tua. Kami diberi challenge untuk mensosialisasikan minimal 25 orang dengan ketentuan,  5 orang berkacamata, 5 orang menggunakan topi, 10 orang berumur 25-35, sisanya bebas. Kami diberi waktu selama 1,5 jam.






Di atas foto keseruan kita ketika sosialisasi kepada masyarakat.


Oke. Mungkin ini aja yang bisa gue share ke kalian semua. Jangan lupa untuk mengisi sensus penduduk online nya yaa‼ Karena tiap data individu adalah berharga 😊



“Jangan Pernah Lelah untuk Mencintai Indonesia”

  Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan RI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blue in June

Hidden Gem in Tulungagung, Jawa Timur

What a beauty New Year's Eve 2023!!!