Pengalaman Kursus di LIA

PENGALAMAN KURSUS DI LIA
(LEMBAGA INDONESIA AMERIKA)

          Hi guyssss… seperti judul di atas. Disini gue mau sharing ke kalian semua, pengalaman gue kursus di LIA selama satu tahun. Oke langsung aja dari pada banyak cincong…

Bulan September 2018 lalu gue daftar di LIA cabang Pramuka. Dengan biaya pendaftaran sebesar 100 ribu serta membawa fotokopi KTP dan pas foto terbaru 3x4 (2 lembar).

Ketika kalian mendaftar, petugas registrasi akan menanyakan kalian kelas berapa. Jika kalian baru lulus SMA seperti waktu gue mendaftar, maka akan diletakkan di kelas SMA. Di LIA sendiri, ada banyak banget kelas kursus yang bisa kalian ambil, diantaranya :

                  (di atas ada macam-macam program dan biayanya ya guyss..)


Setelah melakukan pendaftaran, petugas registrasi akan memberikan kita tanggal dan waktu untuk placement test. Placement test tersebut gunanya untuk mengetahui tingkat bahasa Inggris kalian sudah sejauh mana. Jadi kita tidak perlu mengulang kursus dari nol dan hanya melanjutkan saja.

Tiba saatnya placement test. Gue dapat dihari Sabtu jam 15.00 sampai dengan selesai, bertempat di LIA Pramuka (sesuai tempat yang kalian daftar). Ketika placement test, yang perlu dipersiapkan adalah pensil, penghapus, dan papan dada (karna jawabannya dibulatkan seperti ujian nasional non computer). Soal terdiri dari 100 butir diantaranya listening section, reading, grammar, dan seingat gue tidak ada writing sama sekali. Jadi soalnya full pilihan ganda.


Beberapa hari setelah placement test, gue disuruh kembali ke LIA untuk melihat kelas dari placement test tersebut. Saat itu gue masuk di kelas Elemantary-4. Yaaa lumayan lah yaa.. hahahaha…

Sebelum kelas dimulai, gue minta untuk pindah cabang yang awalnya gue daftar di LIA Pramuka menjadi LIA cabang Pengadegan. Proses pindah ga sulit sama sekali. Kita tinggal bilang ke TU yang ada di tempat pendaftaran lalu menunggu untuk diberi surat pindah. Setelah itu gue konfirmasi dan mengasih surat pindah tersebut ke TU di LIA cabang Pengadegan. Proses pindah selesai deh.. Mudah bukan?! J

Awal bulan Oktober 2018, gue masuk kursus di LIA Pengadegan. Gue dapat dikelas 310 lantai 3 dengan jadwal setiap Sabtu jam 13.00-17.00.
Awalnya gue canggung karena gabung dengan anak-anak yang masih pada SMP dan SMA. Sedangkan gue udah lulus SMA (walaupun baru banget lulus) tapi disitu gue ngerasa paling tua ahahaha.. Setelah saling kenalan, syukurlah ternyata cukup banyak temen-temen gue yang satu angkatan dan bahkan jauh lebih tua dari gue. Oke akhirnya gue punya teman baru dengan beragam umur wahahaha…
Oia satu kelas waktu itu ada 28 anak (kurang lebih). dan jika ada dua anak lagi, maka kelas dibagi dua.

Menurut gue ya, cara metode yang diajarkan di LIA cukup asik, karna kita belajar sambil bermain. Dan benar-benar gak ngebosenin sama sekali. Bahkan pernah disuatu waktu, gue sedih kalo waktu pulang tiba hahaha… dapat teman-teman kelas yang asik dan cara belajar yang gak ngebosenin, serta kelas yang nyaman, siapa coba yang ga suka ?! hihiihi..

Tiap tiga bulan LIA mengadakan promotion test. Semua yang sudah kita pelajari akan di test. dan hasilnya akan menentukan kita naik kelas atau tidak. Untuk promotion test atau final test, kalian wajib banget bawa slip payment dan Kartu Tanda Pengenal dari LIA. Kalo kalian ga bawa yaa siap-siap aja kalian akan make up test (gak bisa ikut ujian dihari itu, dan harus ganti hari). Ketika final test/promotion test ada dua yang diujikan, pertama ujian tulis, kedua oral test (lisan).

LIA juga pernah mendatangkan guru dari luar negri. Waktu itu kelas gue kedatengan guru dari Afrika langsung. Namanya miss Angie. Beliau memperkenalkan kita akan culture dari negranya. Mulai dari nama-nama kota di Afrika, olahraga di Afrika, makanan tradisioanal budaya dan sebagainya. Dan beliau juga memberi kita games dan reward bagi yang menang. Rewardnya saat itu berupa permen dari Afrika yang rasanya unique bangetttt.. hahaha



                       (foto bareng Miss Angie. Yang tengah pake blezer putih)

Satu tahun sudah gue kursus di LIA Pengadegan. Dan gue sudah di kelas Intermediate-3. Banyak teman-teman gue yang awalnya masuk bareng di Elementary-4 namun mereka lebih dulu berhenti kursus. Selama 1 tahun di LIA, pastinya gue dapat banyak ilmu baru, pengalaman baru, teman baru, dan sebagainya. Namun gue masih ngerasa kurang banget ilmu bahasa Inggris gue kususnya untuk speaking. Dan gue saat ini lagi bener-bener ngejar nilai IELTS

So gue ga bisa di LIA terus menerus. Gue harus cari tempat yang lebih baik lagi dari LIA. Disini gue ga bermaksud bilang LIA itu jelek atau apalah, karna semua lembaga pendidikan pasti ada plus minus nya. tapi gue hanya ingin tempat yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Yang bisa meng-upgrade diri gue lagi.

Akhirnya, gue memutuskan untuk berhenti di LIA walaupun sebenarnya nanggung banget, karna gue udah di IN-3 dan satu level lagi udah IN-4 dan bakal dapat sertifikat. Tapi gue gak bisa lanjut karna gue sudah daftar di tempat kursus berbeda (yang nantinya bakal gue share di post selanjutnya).

Okee.. mungkin itu aja pengalaman satu tahun berkesan di LIA Pengadegan yang bisa gue share. Apapun tempat kursus yang kalian ambil, sebenarnya tergantung kalian juga. Okee?!  Karna semua tempat pendidikan ada kelebihan dan ada kekurangannya.

Oia perlu kalian ingat, gue daftar di LIA tahun 2018. Jika nanti ada perubahan baik dari segi biaya pendaftran, uang kursus, dan sebagainya, itu diluar dari kuasa gue.. hahahaha… gue hanya menceritakan apa yang udah gue alami. Wokeh..

Bye, thnk u all...

Komentar

  1. aaaaaaaaa sebelah kanan Ms. Angie yg baju merah cans dah WKWKKWKWKWKWWK :D

    BalasHapus
  2. Yg baju merah pasti anaknya baik, pinter, rajinnn THE BESTTT LAH POKOKNYA WKWKWKWKKWWKK :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blue in June

Hidden Gem in Tulungagung, Jawa Timur

What a beauty New Year's Eve 2023!!!