Placement test LBI FIB UI


PENGALAMAN DAFTAR DI
LBI FIB UI

Hello guysss… balik lagi dengan gue Arina

Seperti judul di atas, gue mau sharing ke para pembaca blog gue pengalaman gue daftar kursus di LBI FIB UI. Oke langsung aja gue mulai biar ga banyak was wes woos..

LBI FIB UI adalah Lembaga Bahasa Internasional yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. LBI sendiri memiliki dua cabang; di Depok dan Salemba.
Seperti yang udah gue ceritain diblog gue sebelumnya, gue adalah anak pindahan dari tempat kursus di LIA cabang Pengadegan. Dan yaapss.. sekarang gue pindah ke sini yaitu LBI FIB UI.

Gue pindah dari LIA ke LBI karna banyak faktor.

Pertama, gue sendiri kuliah di UI Depok, jadi gue ingin tempat kursus gue yang dekat dengan kampus gue (biar irit ongkos). Sedangkan waktu gue di LIA jaraknya itu cukup jaaaauuh..

Kedua, gue pilih LBI karna lingkungannya. Berhubung LBI itu lingkungannya di kampus dan yang kursus disana kebanyakan mahasiswa, jadinya gue gak malu atau gak merasa ketuaan lagi seperti waktu gue kursus di LIA yang lebih dominan anak-anak sekolah SMP dan SMA.

Ketiga, karna di LBI UI kebanyakan mahasiswa, gue berharap disana gue bisa dilatih untuk bisa mengutarakan pendapat menggunakan bahasa Inggris. Yaa jadi begitu lah kenapa gue memutuskan untuk pindah dari LIA Pengadegan ke LBI FIB UI. (eeitts bukan berarti di LIA kurang bagus loh yaa)

Oke next..
Bagi kalian yang mau daftar di LBI, kalian harus liat jadwal pembukaan term kursusnya. LBI UI ini menerapkan system “first come first served” terhadap kuota kelas. Walaupun waktu pendaftarannya masih buka, tapi kalo kuota kelasnya sudah penuh yaa apa boleh buat? Kalian harus menunggu di term berikutnya.

Ketika kalian mau daftar, kalian langsung ke tempatnya. Jika kalian memilih yang di Depok, kalian bisa langsung ke gedung X FIB di samping pusat studi bahasa Jepang. Untuk yang di Salemba, bisa langsung ke tempatnya yang letaknya di samping Fakultas Kedokteran UI.

Dengan membawa uang pendaftaran Rp. 150.000 dan fotokopi KTP kalian akan mendapatkan jadwal untuk placement test. LBI juga menawarkan banyak program diantaranya ada program bahasa Inggris, IELTS Preparation, TOEFL Preparation, business English, bahasa Arab, bahasa isyarat, Belanda, Jepang, Jerman, Korea, 
Mandarin, Prancis, Rusia, dll.


                                    (Untuk lebih detail nya bisa langsung ke website LBI FIB UI)

Setelah mendaftar, gue diberi jadwal untuk Placement test. Dan gue dapat di tanggal 2 Agustus 2019 jam 15.00 – selesai di lantai 3 auditorium. Gue mengambil kursus IELTS Preparation.

Tiba dihari placement test, untuk soalnya terdiri dari 60 butir (seinget gue) dan itu isian semuaa L omaygaat.. kebanyakan reading nya. Awalnya gue kira tes nya berupa pilihan ganda. Taunyaa huft.. dan diakhir soal kita disuruh menulis essay sebanyak 250 kata.

Setelah test tulis, kita akan diinterview (semacam tes wawancara gitu) yang ditanyakan hanya soal “kenapa milih kursus di LBI” udah itu aja. Gue rasa wawancara nya cuma lima menit, karna memang cepet banget. Nah ketika di bagian wawancara ini, sang tutor akan merekomendasikan kelas yang cocok untuk kita mulai belajar. Dan gue direkomendasikan untuk di kelas GRW (Grammar For Writing). Beliau bilang, tulisan grammar gue harus diperbaiki lagi, makanya beliau menyarankan gue masuk kelas GRW dulu. Dan gue okeoke ajaa toh selama itu baik untuk gue improve inggris gue.

Setelah kita tau kelas yang akan kita ambil. Nanti kita akan diberi kertas kuning ini nih guys…

Dan kita disarankan untuk langsung membayar penempatan kelasnya. Karna seperti yang udah gue bilang tadi, LBI menerapkan system “first come first served”.
Besoknya gue langsung bayar melalui transfer ke rekening BNI atas nama LBI FIB UI. Setelah transfer gue mengirimkan bukti transferan gue melalui email reg.lbiui . tidak lama kemudian gue dapat email balesan seperti ini nih guyssss..





Nahh jadi gitu guys pengalaman gue mandaftar LBI UI. Mungkin itu aja yang bisa gue share ke kalian semua. Untuk proses belajar di LBI UI nya akan gue share di post selanjutnyaa..

Bye.. all..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blue in June

Hidden Gem in Tulungagung, Jawa Timur

What a beauty New Year's Eve 2023!!!